Friday, April 3, 2015

PENETAPAN DAN PENOMORAN KODE BIDANG STUDI PESERTA PPGJ TAHUN 2015

PENETAPAN DAN PENOMORAN KODE BIDANG STUDI PESERTA PPGJ TAHUN 2015 ~ Untuk penetapan Kode Bidang studi maupun penomoran kode bidang studi telah diatur sesuai dengan ketentuan yang tertera pada Buku 1 Penetapan Peserta Edisi Revisi. Penetapan bidang studi dilakukan oleh calon peserta PPGJ 2015 dan diarahkan oleh pihak terkait (Dinas Kab./Kota, dan LPMP). Berikut kami berikan sedikit gambaran mengenai penetapa kode bidang studi dan penomoran kode bidang studi.

Penetapan Bidang Studi
Bidang studi yang dipilih oleh guru pada sertifikasi guru melalui PPGJ harus linier  dengan  latar belakang pendidikan S-1/D-IV yang dimiliki kecuali guru yang diangkat sebelum tahun 2006 penetapan bidang studi sertifikasi  dapat  mengacu pada kualifikasi akademik S-1/D-IV atau bidang studi yang diampu minimal 5 (lima) tahun berturut-turut.  Hal penting yang harus disadari oleh guru bahwa bidang studi ini  akan melekat terus pada guru selama menjalankan profesi guru. Latar belakang pendidikan S-1/D-IV yang linier dengan bidang studi sertifikasi guru melalui PPGJ.

Peserta sertifikasi guru melalui PPGJ diharapkan tidak melakukan kesalahan dalam menuliskan nomor kode bidang studi karena bidang studi ini akan menjadi dasar penilaian oleh LPTK dalam pelaksanaan sertifikasi guru melalui PPGJ. Kesalahan akan menyebabkan terjadinya penundaan proses sertifikasi guru melalui PPGJ di LPTK.  Kode bidang studi sertifikasi guru melalui PPGJ ditunjukkan pada nomor peserta sertifikasi guru melalui PPGJ pada digit 7, 8, dan 9. Daftar kode bidang studi dapat dilihat di sini.

Bidang studi sertifikasi guru melalui PPGJ menjadi acuan dasar dalam beberapa kebijakan, yaitu:
  • penentuan soal uji kompetensi;
  • penentuan pembagian tugas mengajar guru;
  • pemberian tunjangan profesi guru;
  • penilaian kinerja guru; dan
  • pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Penomoran Peserta
Nomor peserta sertifikasi guru melalui PPGJ adalah nomor identitas yang dimiliki peserta sertifikasi guru melalui PPGJ dan spesifik untuk masing-masing peserta, oleh karena itu nomor peserta tidak ada yang sama, tidak boleh salah, dan harus diingat. Nomor peserta ini akan digunakan terus oleh peserta mulai pelaksanaan  sertifikasi guru melalui PPGJ sampai dengan penyaluran tunjangan profesi guru. 
Nomor peserta terdiri dari 14 digit yang masing-masing digit mempunyai arti dengan rumusan kode digit sebagai berikut.
  • Digit 1 dan 2 adalah kode tahun pelaksanaan sertifikasi guru melalui PPGJ yaitu “15”.
  • Digit 3 dan 4 adalah kode provinsi (Lihat di sini).
  • Digit 5 dan 6 adalah kode kabupaten/kota (Lihat di sini).
  • Digit 7, 8, dan 9 adalah kode bidang studi sertifikasi (Lihat di sini).
  • Digit 10 adalah kode kementerian: 
    1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kode “1”.
    2. Kementerian Agama, kode “2”.
  • Digit 11 s.d. 14 adalah nomor urut peserta sesuai dengan nomor urut pada SK Penetapan Peserta Sertifikasi Guru melalui PPGJ.
Nomor urut dimulai dari “0001” dan nomor  terakhir sesuai jumlah peserta pada masing-masing provinsi/kabupaten/kota.
  
Nomor Peserta Sertifikasi Guru Melalui PPGJ (sumber: Buku 1)
Contoh nomor peserta:
Guru “A” adalah peserta sertifikasi guru melalui PPGJ tahun 2015 yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia (kode 156) di SMP Negeri 1 Provinsi Kalimantan Barat (kode 13) Kota Pontianak (kode 60) sebagai peserta sertifikasi guru melalui PPGJ  tahun 2015, guru tersebut menduduki urutan rangking no “24” sebagaimana tertera pada daftar calon peserta pada AP2SG-PPGJ. Nomor peserta guru “A” adalah:
15 13 60 156 1 0024
Penetapan dan penomora kode bidang studi tersebut jangan sampai keliru atau salah. Jika hal tersebut terjadi, maka akan mengakibatkan:
  1. penentuan soal uji kompetensi yang tidak sesuai dengan kompetensi guru;
  2. pemberian tunjangan profesi guru akan terkendala bahkan tidak akan bisa dicairkan; dan  
  3. guru yang bersangkutan tidak bisa mengikuti kegiatan PPGJ tahun 2015, kemungkinan akan ditunda dan diikutsertakan pada tahun-tahun berikutnya sesuai daftar antrian peserta.
Untuk berita dan informasi terbaru mengenai PPGJ dan persiapan sebelum PPGJ silahkan klik dan ikuti kami di sini,
Laman: Info Pelaksanaan PPGJ terbaru
Twitter: Info Pelaksanaan PPGJ terbaru
Google +: Info Pelaksanaan PPGJ terbaru
Video: Video Pembelajaran/PKM

0 comments:

Post a Comment