Wednesday, July 23, 2014

TIPS DAN TRIK SUKSES MENGIKUTI PLPG TAHUN 2014

TIPS DAN TRIK SUKSES MENGIKUTI PLPG TAHUN 2014 ~ Ada beberapa rayon pelaksana sudah melakukan pemanggilan peserta dan melaksanakan PLPG. Ada juga beberapa rayon yang belum melasanakan PLPG dan kemungkinan akan dilaksanakan sesudah lebaran (idul fitri). Sebelum PLPG tidak ada salahnya jika kita membahas persiapan apa saja atau tips dan trik sukses mengikuti PLG tahun 2014. Apa saja yang harus dipersiapkan? mari kita baca seksama.
  1. Guru/peserta PLPG harus mempersiapkan dan mempelajari buku panduan guru (buku guru), buku teks pelajaran (buku siswa) yang ditetapkan sebagai dokumen kurikulum 2013.
  2. Guru/peserta PLPG harus mempelajari kisi-kisi dan modul/materi PLPG sebagai persiapan mengikuti PLPG. Dengan mempelajari lebih awal, peserta bisa mempunyai pemahaman terlebih dahulu mengenai materi-materi yang akan disampaikan oleh instruktur PLPG.
  3. Peserta PLPG diharapkan membawa dokumen pendukung kurikulum 2013 (SKL, standar isi, standar proses, standar penilaian) dan contoh RPP, serta referensi yang relevan dengan bidang keahlian maisng-masing.
  4. Bagi guru pengampu mata pelajaran yang belum tersedia buku guru dan buku siswa, wajib membawa contoh RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan buku atau referensi yang relevan.  Guru BK membawa buku-buku yang berkaitan dengan BK, Peraturan Menteri.
  5. Disarankan peserta PLPG membawa laptop guna menunjang pelaksanaan PLPG dan penerapan media pembelajaran seperti media, RPP, silabus dan lain-lain. Selain itu, jangan lupa printer bisa dibawa untuk peserta dari satu daerah dan bisa digunakan untuk mencetak tugas-tugas yang diberikan oleh instruktur PLPG.
  6. Surat Keterangan Dokter.
  7. Membawa suplemen yang cukup untuk menjaga stamina tubuh serta obat-obatan pribadi untuk yang mempunyai penyakit tertentu.
  8. Pensil 2B dan alat tulis lainnya. 
  9. Untuk kisi-kisi, modul PLPG, Buku Guru, Buku Siswa, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Contoh RPP dan lain-lain bisa download DI SINI!!!!.
  10. Usaha terakhir adalah berdoa dan memohon kepada Allah Swt Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kemudahan dan hasil terbaik dalam pelaksanaan PLPG.
Demikian tips dan trik sukses mengikuti PLG tahun 2014, semoga bisa membantu kelancaran bapak/ibu dalam mengikuti PLPG tahun 2014.



0 comments:

Post a Comment